Kamis, 01 Desember 2016

Hukum Newton tentang gerak (teori dan soal)

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Berdasarkan silabus kurtilas, materi pelajaran Hukum Newton Tentang Gerak atau Dinamika Gerak ada pada kelas X (sepuluh) terdapat pada semester 2 (genap).

Materi ini juga pernah kalian dapatkan pada sekolah menengah pertama, sehingga kalian sudah mengenalnya. Untuk mengingatkannya kembali kalian bisa lihat videonya di youtube dengan mengklik:
Kemudian materi pelajaran hukum Newton ini kembali diperdalam pada jenjang SMA dengan banyak aplikasi lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Modul belajar yang dipakai dapat kalian klik link di bawah ini:
Silahkan klik juga:

Di bawah ini diperlihatkan peta konsep materi hukum Newton tentang gerak sesuai modul belajar yang kita pakai.


Berdasarkan peta konsep di atas hukum-hukum Newton tentang gerak mempelajari hukum I, II, dan III Newton.

Video tentang  hukum I, II, dan III Newton di bawah ini bisa kalian lihat di youtube untuk lebih memahami tentang materi tersebut. 
Karena luasnya aplikasi/penerapan materi ini sebaiknya kalian tidak hanya membatasi diri pada materi yang diberikan di sini, carilah sumber lain jika masih diperlukan.
Jenis-jenis gaya pada hukum Newton:
atau dapat kalian pilih sendiri di sini:
Link youtube atau link materi yang dibagikan di atas mengenai jenis-jenis atau macam-macam gaya pada hukum Newton adalah sebagai referensi belajar mengenai hal tersebut.
Jika kalian sudah memahami mengenai konsep jenis-jenis pada hukum Newton hanya dengan 1 atau 2 video yang ada, maka video lainnya tidak harus kalian lihat.

GAYA NORMAL

GAYA GESEK

PERCEPATAN BENDA dan TEGANGAN TALI

Aplikasi hukum Newton pada lift:
Gaya adalah termasuk dalam besaran vektor, oleh karena itu penerapan materi vektor pada semester 1 perlu dikuasai dengan baik.
Jika ingin menambah pemahaman mengenai vektor bisa kalian bisa klik link youtube di bawah ini yang menjelaskan mengenai vektor yang mungkin bermanfaat atau kalian juga bisa melihat sumber-sumber belajar lainnya baik dari buku atau internet.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh soal & penyelesaian penerapan dari hukum Newton tentang gerak dalam bentuk file pdf yang dapat didownload.

Selamat Belajar.


==============######==============

Kumpulan soal dan pembahasannya:
Soal Latihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar